Syarat & ketentuan |Pedoman |Redaksi |Kontak Kami
Wisata Pantai
Surga Kecil Berpasir Putih di Seberang Pariaman
Minggu, 6 Oktober 2013 10:16 WIB

RANAHBERITA-Wisata pantai di Sumatera Barat sungguh banyak. Namun, dari sekian banyak pantai, hanya beberapa saja yang bersih dan berpasir putih. Kebanyakan pantai memiliki ombak dengan air keruh karena lumpur Pantai. Keadaan itu membuat sebahagian pengunjung enggan untuk menceburkan diri.

Nah, bagi pecinta pantai, ikuti laporan ranahberita.com berikut ini. Laporan tentang sensasi pesona Pulau Angso Duo yang terletak di seberang Pantai Gondoria, Pariaman.

Pulau Angso Duo terletak berjejer dengan dua pulau lainnya di teritorial laut Kota Pariaman. Dua pulau lainnya adalah Pulau Tangah dan Pulau Ujuang. Ketiga pulau ini memiliki pantai yang bersih. Namun, Pulau yang populer untuk dijadikan objek wisata adalah Angso Duo.

Di Pulau Angso Duo, pengunjung bisa melepas kejenuhan kerja, kuliah atau beban kegiatan lainnya. Karena, di sini kita bisa berbaring tanpa alas di pasir putih. Bagi yang takut hitam karena cahaya matahari, bisa mencari posisi di bawah rindangnya pohon nyiur. Pemandangan tiada batas akan semakin seksi dengan tiupan angin sepoi.

Tapi, pengunjung tidak akan merasa tenang melihat deburan ombak yang begitu santai. Naluri untuk bermain air tidak akan bisa dihentikan. Ombak yang naik turun seolah ingin mengajak untuk bermain di batu karang. Sambil bermain air, sekalian menikmati hijaunya tumbuh-tumbuhan yang membaluti beberapa karang.

Mandi di laut terkadang membuat perut keroncong dan mengundang haus. Anda tak perlu khawatir, di tempat ini ada kafe mini yang dijaga Basri. Si Bapak menyuguhkan berbagai pilihan minuman. Mulai dari minuman panas hingga minuman dingin. Selain itu, dalam keadaan basah, menyeduh mie instan mungkin akan menjadi pilihan untuk menjawab teriakan usus di perut. Pasalnya, memang tidak ada pilihan lain selain mie instan.

Sesuai namanya, entah disengaja atau tidak, Basri penghuni pulau, memelihara dua ekor angsa. Sepasang angsa tersebut tidak bisa berkembang biak. "Pernah bertelur dan menetas, namun anaknya tak bisa hidup. Kita tidak tahu pula apa penyebabnya," kata Basri kepada ranahberita.com, Sabtu (5/10/2013).

Angsa putih polos tersebut seperti menyatu dengan pantai. Apalagi jika dibawa ke hamparan pasir. Warna putih angsa dan pasir semakin menguatkan nama Pulau Angso Duo. Sebagai dokumentasi kedatangan, pengunjung bisa foto bareng angsa sesuai dengan gaya yang diinginkan. Mau digendong, saling berhadapan bahkan lebih mesra seperti beradu bibir dengan paruhnya. Tapi hati-hati bibir anda dicium hingga berdarah. haha...

Jika pengunjung tidak puas satu hari, bisa menyewa penginapa yang ada di lokasi dengan harga Rp300 ribu. Penginapan itu ada dua kamar dan bisa diisi sekitar 10 orang asal bersedia tidur di lantai. "Karena kalau ramai-ramai, pengunjung tidur di lantai saja dengan tikar, jadi bisa muat," kata Basri.

Namun, jumlah penginapan tersebut terbatas. Hanya ada tiga bangunan. Bangunan terbuat dari kayu dengan gaya rumah panggung menghadap ke laut.

Untuk sampai di Pulau Angso Duo, ada perahu motor yang bisa disewa dari Pantai Gondoria. Sekitar 10 menit 'berlayar', perahu akan bersandar di pasir tanpa ada tempat bersandar layaknya pelabuhan. Jadi, siap-siap untuk basah karena naik dan turun dari perahu harus masuk dulu air.

Penyedia jasa perahu, membebankan biaya kepada penyewa sekitar Rp25 ribu. Hati-hati, bagi pengunjung yang keliahatan baru, pemilik perahu akan menawarkan harga yang lebih tinggi dari normal.

Pengunjung yang berasal dari Kota Padang, untuk sampai di Gondoria bisa menggunakan kereta api wisata dari dua stasiun. Stasiun utama ada di Simpang Haru kemudian di Tabiang. Ada tiga jam keberangkatan dari Padang, yakni pukul 07.30 WIB, 10.30 WIB dan 14.00 WIB. Kemudian untuk pulang ke Padang, bisa juga menggunakan kereta di sore hari dengan jam keberangkatan pukul 16.00 WIB dan 16.40 WIB.

"Di lain waktu, saya ingin kembali lagi ke Angso Duo. Pantainya adem, airnya bersih dan bikin kangen," kata Reni, pengunjung Angoso Duo yang pergi berlibur bersama lima temannya kepada ranahberita.com di perahu saat meninggalkan Pulau Angso Duo. (Raju Arafah)


Komentar
muhammad ishaq.sh | Rabu, 23 Oktober 2013 12:09 WIB

nan elok jo nan rancak

Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama:
Email:
Komentar:
×
Berita Lain