Syarat & ketentuan |Pedoman |Redaksi |Kontak Kami
Jelang Pilkada Padang
Profil 10 Pasangan Calon Wali Kota Padang
Kamis, 10 October 2013 08:08 WIB

RANAHBERITA-- Hari pemilihan wali kota dan wakil wali kota Padang sudah dekat. Sebanyak 10 pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Padang siap bertarung pada 30 Oktober 2013. Dari daftar riwayat hidup yang dilampirkan 20 orang calon wali kota dan wakil wali kota tersebut ke KPU Padang, terlihat keberagaman para kandidat itu.

Dari segi usia, dari 20 orang tersebut, sebanyak 9 orang berusia antara 40 hingga 49 tahun, 9 orang berusia 50 hingga 59 tahun dan 2 kandidat berusia di atas 60 tahun.

Dari data tersebut, calon wali kota termuda adalah Muhammad Ichlas El Qudsi yang berusia 43 tahun, sementara yang tertua adalah Syamsuar Syam, 63 tahun. Sementara, calon wakil wali kota termuda adalah Yefri Hendri Darmi yang berumur 43 tahun dan tertua Emzalmi, 60 tahun.

Para kandidat itu, berpendidikan sarjana, magister dan doktor. Sebanyak 12 orang adalah lulusan S1, tujuh orang S2 dan satu orang S3 yakni Prof. Dr. James Hellyward.

Latar belakang ilmu terbanyak adalah hukum sebanyak 5 orang, disusul ekonomi 4 orang, pendidikan 3 orang, pertanian dan peternakan 3 orang, sosial dan politik 2 orang serta agama, sains dan teknik masing-masing 1 orang.

Ditilik dari latar belakang pekerjaan sebelum jadi pejabat negara, calon wali kota dan wakil wali kota Padang didominasi oleh pengusaha sebanyak 8 orang, kemudian disusul birokrat 5 orang, guru dan dosen 4 orang serta notaris, purnawirawan TNI dan BUMN masing-masing 1 orang.

Birokrat dengan pengamalan terpanjang dan jabatan tertinggi adalah Emzalmi, mantan Sekda Kota Padang dan satu-satunya purnawirawan TNI adalah Letkol. TNI (Purn) Syamsuar Syam.

Lima orang dari para kandidat adalah pejabat negara dan mantan pejabat negara. Mereka adalah Muhammad Ichlas El Qudsi yang merupakan anggota DPR RI, Emma Yohana anggota DPD RI, Mahyeldi Ansharullah, wakil wali kota Padang (2008-2013) dan mantan Wakil Ketua DPRD Sumbar (2004-2008), Maigus Nasir, mantan Ketua DPRD Padang pada 1999-2004 dan Januardi Sumka, anggota DPRD Padang 2009-2014.

Selengkapnya, berikut profil pada 10 pasangan kandidat sesuai dengan nomor urut yang sudah ditetapkan KPU Padang:

1. Emma Yohana-Wahyu Iramana Putra

2. Muhammad Ichlas El Qudsi-Januardi Sumka

3. Desri Ayunda-James Hellyward

4. Asnawi Bahar-Surya Budhi

5. Ibrahim-Nardi Gusman

6. Kandris Asrin-Indra Dwipa

7. Maigus Nasir-Armalis

8. Indra Jaya-Yefri Hendri Darmi

9. Syamsuar Syam-Mawardi Nur

10. Mahyeldi-Emzalmi.

(Raju/Hdm/Ed1)




Komentar

Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama:
Email:
Komentar:
×
Berita Lain