Syarat & ketentuan |Pedoman |Redaksi |Kontak Kami
Industri Pertanian
Belajar Produksi Cokelat, Petani Payakumbuh akan Diterbangkan ke Paris
Senin, 28 Oktober 2013 15:18 WIB

RANAHBERITA--Joni Saputra (45) mewakili kelompok taninya Tanjung Subur dari Kelurahan Kapalo Koto, di Nagari Aur Kuning, Kecamatan Payakumbuh Selatan, akan diterbangkan ke Prancis untuk belajar pengelolaan cokelat.

Kesempatan emas tersebut diperoleh Joni, karena kelompok tani yang ia pimpin berhasil meraih penghargaan menjadi kelompok tani terbaik di Sumatera Barat.

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno pun memberikan reward dan akan menerbangkan Ketua Kelompok Tani Tanjung Subur itu ke Paris untuk mempelajari pengolahan cokelat.

Diterima oleh Walikota Payakumbuh Riza Pahlevi, Joni kemudian diberi sedikit saran. "Kesempatan belajar pengolahan cokelat ke Prancis ini merupakan kesempatan langka. Timbalah ilmu sebanyak-banyaknya untuk diterapkan pada industri pengolahan cokelat di Payakumbuh," kata Riza, Jumat (25/10/2013) di ruang kerjanya.

Sebelumnya, sebuah prestasi dilakukan oleh kelompok tani Tanjung Subur itu, manakala mereka berhasil mengoperasikan pabrik cokelat mini. Meski dalam kapasitas produksi terbatas, yaitu sekitar belasan kilogram per hari. "Chocato" serbuk dan siap saji dalam bentuk kemasan permen hasil karya mereka sudah bisa dinikmati.

Bahkan, Menteri Pertanian Suswono dan Gubernur Irwan Prayitno sudah ikut mencicipi saat peresmian pabrik cokelat ini pada Mei 2013 lalu.

Di Nagari Aur Kuning, sekarang ini tercatat 80 hektar tananam kakao. Dan di seluruh Kecamatan Payakumbuh Selatan, mencapai lebih kurang 150 hektar.

Kakao permentasi milik petani itu, ditampung semuanya oleh pabrik mini cokelat Tanjung Subur.

Tanjung Subur pun meraih juara pertama Lomba Tanaman Pengolahan Perkebunan Tingkat Sumatera Barat, 2013.

Di Kota Paris nanti, Joni Saputra akan ikut berpartisipasi dalam kegiatan Pameran 19th Salon
du Chocolat Chocolate Show 2013, dari tanggal 28 Oktober sampai 5 November 2013. (Ant/ED10)


Komentar
Andi | Senin, 28 Oktober 2013 19:09 WIB

wah, bagus ini. cara yang seperti ini tentunya akan bagus sekali untuk meningkatkan SDM masyarakat SUMBAR
Jpang | Senin, 4 November 2013 14:02 WIB

Great, asal ajang ini tidak dijadikan oleh para pejabat untuk berbondong-bondong liburan gratis berbiaya negara ke Perancis. Mudah-mudahan ilmu yang didapat disana tidak menjadi bahan obrolan saja, mestinya aplikatif dan didukung serius oleh Pemda.

Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama:
Email:
Komentar:
×
Berita Lain