Syarat & ketentuan |Pedoman |Redaksi |Kontak Kami
Pilkada Padang
Golput 'Juara' di Pilkada Padang
Selasa, 5 November 2013 00:28 WIB

RANAHBERITA-- Rapat Pleno KPU Kota Padang tentang penetapan hasil rekapitulasi jumlah suara pemilihan Walikota Padang telah di sahkan pada Senin, (4/11/2013) malam.

Hasil yang ditetapkan KPU Padang 1`di Grand Inna Muara Hotel tersebut menunjukkan besarnya angka warga yang tidak berpartisipasi dalam pemilukada atau sering disebut dengan istilah golongan putih (golput).

Dari total 560.723 pemilih yang terdapat dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), jumlah warga yang datang menggunakan hak pilihnya hanya 323.594 orang atau 57,71%. Jumlah tersebut terdiri dari 313.146 suara sah dan 10.448 suara tidak sah.

Dengan demikian, sebanyak 237.129 atau 42,29% dari jumlah pemilih yang terdaftar di DPT, tidak menggunakan hak pilihnya alias golput. Bila dibandingkan dengan suara sah, jumlah tersebut mencapai 75,72%.

Angka golput ini 'juara' bila dibandingkan perolehan pasangan calon dengan suara terbanyak dalam Pilkada yang digelar pada 30 Oktober 2013 tersebut. Jumlahnya lebih dua kali lipat.

Berdasar hasil rekapitulasi akhir yang digelar KPU Padang, pasangan Mahyeldi-Emzalmi yang memperoleh suara terbanyak, hanya meraih  92.218 suara atau 29,45% dari suara sah, disusul pasangan Desri Ayunda-James Hellyward 59.845 (19,11%).

Dua pasangan ini yang kemudian ditetapkan KPU Padang akan bertanding pada putaran kedua yang akan digelar pada Desember 2013.

Beberapa saksi pasangan calon yang hadir dalam pleno terbuka tentang rekapitulasi penghitungan hasil Pilkada adang sempat memprotes KPU. Meski pada akhirnya mayoritas saksi pasangan calon menerima hasil keputusan KPU, namun tetap saja mereka memberikan catatan terhadap penyelenggaraan pilkada kota Padang.

Beberapa hal yang menjadi catatan dari saksi-saksi tersebut antara lain: KPU tidak dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam memilih, kurangnya sosialisasi tentang penggunaan KTP untuk memilih, Panwaslu tidak maksimal, proses Pilkada terganggu karena kedatangan Presiden RI serta acara-acara resmi lainnya yang berlangsung di kota Padang. (Noffi Satria/Ed1)

Berita terkait:

Pilkada Padang Dipastikan Dua Putaran, Ini Hasil Akhir Perolehan Suara


Komentar

Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama:
Email:
Komentar:
×
Berita Lain