Syarat & ketentuan |Pedoman |Redaksi |Kontak Kami
Pemko Harapkan Pesta Tabuik Bersih Atribut Kampanye
Selasa, 05 November 2013 08:50 WIB

RANAHBERITA--Pemerintah Kota Pariaman berharap tidak ada alat peraga atau atribut kampanye dari calon legislatif dan partai politik di tempat-tempat yang digunakan saat pagelaran Pesta Budaya Tabuik 2013.

"Kita akan upayakan. Sebaiknya memang tidak ada atribut kampanye selama pagelaran pesta budaya ini. Mesrinya tidak ada kepentingan lain," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pariaman, Tundra Laksmana di Pariaman, Senin(04/11/2013).

Menurutnya, keberadaan atribut di tempat-tempat pelaksanaan ritual maupun pagelaran seni akan mengganggu pemandangan masyarakat yang ingin menikmati pesta budaya tersebut secara utuh.

Selain itu, tambah Tundra, kondisi tersebut juga akan mempersempit ruang gerak awak media, khususnya jurnalis foto dan video yang memilih sudut pengambilan gambar.

Untuk itu, ia menghimbau kepada para caleg dan simpatisannya untuk menahan diri dengan tidak memasang maupun mengenakan atribut selama berada di lokasi pesta yang dimulai Selasa(05/11/2013) hingga Minggu(17/11/2013).

"Kita akan terus berkoordinasi soal tempat-tempat itu, mudah-mudahan dalam aksinya bisa maksimal," tambahnya.

Adapun tempat-tempat pagelaran meliputi Pasar Produksi Jati, TUgu Tabuik Kampung Cino, RUmah Tabuik Pasa, RUmah Tabuik Subarang, Lapangan Merdeka dan Pantai Gondoriah.

Sementara pagelaran budaya Tabuik sendiri, akan dimulai pukul 06.30 wib dengan pawai peringatan 1 Muharram dari halaman Balaikota Pariaman, Jalan Imam Bonjol menuju Pantai GOndoriah belakang Stasiun Kota Setempat dengan melibatkan sejumlah pelajar dan anggota majelis taklim.

Sedangkan, ritual budaya tabuik sendiri kan diawali dengan prosesi pengambilan tanah di Pauah Galombang, Kecamatan Pariaman Tengah sekitar pukul 17.00 wib. (Ant/ed11)


Komentar

Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama:
Email:
Komentar:
×
Berita Lain