Syarat & ketentuan |Pedoman |Redaksi |Kontak Kami
Sumbar Segera Bentuk Komisi Informasi Daerah
Selasa, 05 November 2013 09:42 WIB

RANAHBERITA--Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) segera menindaklanjuti Undang-Undang (UU) Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) dengan membentuk komisi informasi daerah.

"Kami sekarang tahap persiapan segala sesuatunya dalam menindaklanjuti amanat UU tersebut," kata Kepala Dinas Perhubungan dan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Sumbar, Mudrika di Padang, Senin(04/11/2013).

Menurutnya, persiapannya tentu harus memperhitungan segala yang berkaitan dengan ketentuan dalam pembentukan KIP, maka akan dikoordinasikan dengan Biro Hukum Sekretarial Daerah Provinsi (Setdaprov) Sumbar.

Sebab, setiap ada pembentukan komisi atau lembaga yang diamanatkan UU, tentu punya konsekwensi terhadap anggaran daerah maka perlu kajian secara matang. Pembentukan komisi/lembaga yang diamanatkan UU atau Perpres dan aturan tertinggi lainnya, bukan hanya sekadar memenuhi syarat saja tetapi dipersiapan agar dapat berfungsi optimal.

"Kami sudah melakukan sosialisasi tentang KIP beberapa waktu lalu dengan mendatangkan pemateri dari Jakarta, maka ditindaklanjuti dengan mempersiapkan pembentukan," tambahnya.

Namun, pihaknya belum dapat memastikan bisa terbentuk pada tahun ini, karena saat ini baru selesai proses rekrutmen calon komisioner penyiaran indonesia daerah atau KPID. Ia menjelaskan, proses seleksi calon komisioner KPID Sumbar untuk periode tiga tahun ke depan sudah selesai, kini sudah masuk tahap uji kelayakan dan kepatutan di DPRD Provinsi.

Calon yang dimasukan ke legislatif sebanyak 22 orang, dari hasil uji kelayakan dan kepatutan dewan untuk tujuh orang komisioner dan cadangan tujuh orang. "Kami sudah memasukan ke dewan calon yang lolos seleksi atau penjaringan, penentuannya tergantung pada DPRD. Setelah komisioner KPID ditetapkan nanti, baru proses untuk komisi informasi dipersiapkan," ujarnya. (Ant/ed11)


Komentar

Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama:
Email:
Komentar:
×
Berita Lain