Syarat & ketentuan |Pedoman |Redaksi |Kontak Kami
Pembangunan Jembatan Indrapura Diusulkan ke Pemerintah Pusat
Selasa, 05 November 2013 19:19 WIB

RANAHBERITA--Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan mengusulkan pembangunan jembatan Indrapura, Kecamatan Pancung Soal kepada pemerintah pusat melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

"Sebelumnya jembatan ini sudah ada, namun pada tahun 2008 ambruk diterjang banjir bandang sehingga tidak dapat berfungsi untuk kelancaran akses transportasi bagi masyarakat di dua kecamatan itu dalam melaksanakan aktifitasnya sehari hari," kata Bupati Pesisir Selatan Nasrul Abit di Painan, Selasa (05/11/2013).

Beberapa waktu lalu, Dinas Pekerjaan Umum (PU) kabupaten setempat telah melakukan pengecekan ke lokasi untuk menyusun rencana biaya yang akan dibutuhkan untuk pembangunan jembatan tersebut. Jembatan gantung dengan panjangnya sekitar 70 meter yang terletak di bantaran Sungai Indrapura itu menghubungkan dua kecamatan masing-masing Pancung Soal dan Air Pura.

Sejak ambruk diterjang banjir tahun 2008 hingga kini belum dilakukan perbaikan karena keterbatasan anggaran yang dimiliki. Pemkab mengusulkan ke BNPB untuk dapat melakukan pembangunnya pada tahun 2014 karena kerusakan jembatan tersebut akibat bencana alam.

"Mengingat pentingnya keberadaan jembatan bagi warga di dua kecamatan itu, khususnya untuk memperlancar akses transportasi menuju sentra-sentra ekonomi, maka kami berusaha mengusulkan pembangunannya pada tahun 2014," tambahnya.

Bersamaan dengan jembatan Pancung Soal, Pemkab setempat juga mengusulkan tujuh jembatan lainnya yang mengalami kondisi serupa di beberapa kecamatan berbeda di kabupaten itu kepada pemerintah pusat untuk dibangun kembali pada tahun 2014.

Menurutnya, akibat bencana banjir dan gempa yang terjadi sejak tahun 2008, masih ada sekitar delapan jembatan lagi yang mengalami rusak berat dan belum dilakukan perbaikannya hingga kini karena tidak tersedianya anggaran.
Sebanyak delapan jembatan gantung itu terletak di Kecamatan Pancung Soal, Lengayang dan Ranah Pesisir. Jembatan tersebut memiliki fungsi amat vital bagi masyarakat sekitar yakni sebagai penghubung antar kecamatan, nagari (desa adat), kampung dan sentra-sentra ekonomi.

"Kami berharap agar pemerintah pusat dapat mengabulkan usulan itu untuk membangun kembali jembatan yang ambruk. Sebab fungsinya amat vital bagi masyarakat dalam kehidupannnya sehari dan sebagai urat nadi perekonomian," ungkapnya. (Ant/ed11)


Komentar

Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama:
Email:
Komentar:
×
Berita Lain