Syarat & ketentuan |Pedoman |Redaksi |Kontak Kami
Ulasan
Jerman vs Jerman, Sejarah Baru di Final Champion
Kamis, 2 Mei 2013 13:47 WIB

RANAH BERITA--Penampilan Buyern Munchen menggebuk klub terbaik dunia, Barcelona, dengan skor 3-0 (agregat 7-0), di laga Kamis (2/5) pagi (waktu Indonesia), luar biasa. Bukan hanya berarti 'tiket' menuju final, kemenangan Munchen kali ini juga ternyata menjadi sejarah baru bertemunya dua klub asal Jerman di final Liga Champhion, sejak ajang itu digelar pada 1956.

Bagi Bayern Munchen sendiri, ini adalah laga ke-10 mereka di final Champion. Dari jumlah tersebut, The Bavarian sudah menggondol empat kali gelar juara. Yaitu pada tahun 1974, 1975, 1976, dan terakhir pada tahun 2001. Sementara kekalahannya tercatat sebanyak lima kali. Tahun 1982, 1987, 1999, 2010, dan 2012.

Klub satu negaranya, Borussia Dortmund yang menjadi lawan di final pada 25 Mei nanti, dipastikan akan memberikan perlawanan sengit. Secara statistik, dengan musim ini Dortmund baru mengecap 2 kali masuk final. Meski demikian, pengalaman klub ini di final 1997 sungguh bersinar. Mereka meraih juara Liga Champion mengalahkan Juventus dengan skor meyakinkan 3-1.

Namun, Borussia Dortmund yang lebih dahulu ke final setelah menumbangkan raksasa Spanyol Real Madrid, di Liga Jerman tertinggal jauh dari Munchen. Bagi Munchen, jarak 20 poin dari Dortmund yang mengokohkan posisinya di puncak klasemen Bundesliga, boleh jadi akan menjadi salah satu kekuatan untuk menghadapi Dortmund.

Terlepas dari siapakah yang akan menjadi juara, keberhasilan Dortmund dan Munchen di Champhion, telah membuat final Liga Champion bertajuk 'Jerman vs Jerman (All-German Final). Hal ini menuai rasa bangga seluruh pencinta sepak bola Jerman.

Bagi penggemar sepak bola di tanah air, meski jumlah fans kedua klub jerman tersebut di Indonesia tak sebanding dengan pendukung klub populer semacam Barcelona, Real Madrid atau Manchester United, menyaksikan 'sejarah baru' di final Champion ini akan menjadi suguhan yang menarik dan sayang untuk dilewatkan. (Theo H)


Berita Lain