Syarat & ketentuan |Pedoman |Redaksi |Kontak Kami
Kuliner Ramadhan
Godok Batinta, Menu Manis untuk Berbuka
Sabtu, 13 Juli 2013 13:55 WIB

RANAHBERITA-- Berburu pabukoan (ta'jil) yang unik-unik, menjadi sensasi tersendiri menghabiskan waktu, sembari menunggu beduk berbuka berkumandang.

Jika kita jeli, di bulan suci Ramadhan akan bermunculan kudapan musiman, yang tak ada di hari-hari biasa.

Godok batinta, salah satunya. Kudapan ini terbuat dari tepung beras bercampur dengan pisang yang telah dilumatkan. Pisang batu biasanya menjadi pilihan bahan dasar godok, sebab memiliki tekstu keras dan padat.

Dari segi bentuknya, godok batinta bulat seperti bola, besarnya sekepal tinju anak-anak. Dengan bahan dasar pisang, membuat godok batinta terasa lebih manis.

Tinta yang dimaksud disini bukan tinta pena apalagi tinta spidol. Disebut godok batinta karena godok pisang dilumuri gula jawa yang berwarna coklat kehitaman. Orang Minang menyebutnya gulo saka. Rasa manis pada godok akan bertambah dengan lumuran gulo saka.

Proses pembuatannya pun tergolong mudah. Tepung beras dicampur pisang dan bumbu-bumbu lain diaduk hingga lumat. Kalau sudah, adonan disendok sebesar kepalan tinju anak-anak lalu digoreng. Tak butuh waktu lama, jika adonan sudah menguning, godok siap di angkat.

Membuat cairan tintanya pun tak sukar. Hanya mengencerkan gulo saka yang padat hingga mencair. Memang tak sampai encer, sebab tekstur gulo saka sendiri yang memang kental. Bila godok sudah dingin, siap disiram gulo saka. Rasa manis yang lebih dominan, ditambah lembutnya godok membuat berbuka semakin nikmat. Apalagi ditemati teh manis hangat.

Mencari godok bantinta tak terlalu sulit, apalagi di bulan Ramadhan. Pasar Pabukoan depan Balaikota Padang salah satunya. Beberapa pedagang pabukoan menyajikan godok batinta sebagai salah satu hidangan dagangannya.

Minat pembeli juga cukup tinggi. Salah satu pedagang godok tinta menambahkan ia mampu menjual 30 sampai 50 godok per harinya. Dari segi harga juga tak terlalu mahal, hanya Rp1.500 per buah. Bagi anda yang terbiasa berbuka dengan tambahan cemilan, godok batinta bisa menjadi alternatif berbuka yang tepat bersama keluarga. (Novia Amirah|ed3)

 


Komentar

Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama:
Email:
Komentar:
×
Berita Lain